Rabu, 10 Mei 2017

sistem informasi manajemen



BAB I
PENDAHULUAN


1. 1.   Latar Belakang

    Spesialis-spealis informasi sebuah perusahaan terdiri atas anilis  sistem, administrator basis data,webmaster,spesialis jaringan,programmer, dan operator. Perusahaan hendaknya pengelola dan pengetahuan yang diawali oleh sumber-sumber  daya informasinya.Pengetahuan ini terdapat dalam sistem, peranti lunak, database, dan pengetahuan khusus yang dimiliki oleh pengguna komputer dan spealis informasi.
    Ketika sistem informasi yang pertama dikembangkan oleh spealis informasi ,pengguna tidak diharapkan (atau diizinkan) untuk melakukan hal-hal selain penyebutkan kebutuhan informasi mereka.
Dukungan komputer yang lebih besar mengalami lonjakan,para spealis tidak mampu mengikutinya.Akhirnya pengguna akibatnya mengembangkan sistem mereka sendiri.Suatu fenomena yang disebut komputasi pengguna akhir.Pengguna-pengguna lainnya mampu melakukan sendiri kebanyakan pekerjaan pengembangannya dan mengandalkan spealis hanya untuk jasa konsultasi.Sebuah perusahaan para penggunanya mampu berpartisipasi dalam komputasi  pengguna akhir akan menikmati keunggulan atas perusahaan yang penggunanya tidak mampu.
Aplikasi ini dimungkinkan oleh suatu konsep yang disebut sebagai kantor maya dimana pekerja tidak harus secara fisik bertempat dilokasi  kantor agar dapat melaksanakan pekerjaany.Gerakan kantor maya yang dipicu oleh telecommuting dan hoteling menjadi begitu populer hingga ia memperluas konsep dari oeganisasi maya. Pengembangan sistem adalah suatu aktivitas yang selalu berevolusi.


A. RUMUSAN MASALAH


1. Bangaimana struktur organisasi yang inovatif?
2. Apa saja kentngan dan resiko komptasi pengguna akhir?
3. Mengapa dibtuhkan kriteria pendidikan, pengetahuan yang dibutuhkan untuk karier dibidang informasi?
4. Bagaimana menempatkan pengguna sytem dan spesialis informasi pada perspektif?


B. TUJUAN PENULIS
Adapun tujuan dari kelompok kami menulis dari makalah ini adalah antara lain:
1) Untuk mengetahui bagaimana struktur organisasi yang inovatif
2) Untuk mengetahui keuntungan dan resiko yang dihadapi komputasi pengguna akhir
3) Untuk mengatahui kriteria yang dibuthkan dala bidang imformasi
4) Untuk mengetahui bagaiana menempatkan pengguna system dan spesialis imformasi pada perspektif.




BAB II
PEMBAHASAN


2. 1. Pengguna Dan Pengembangan Sistem

a. Organisasi bisnis
       Sistem informasi dikembangkan dan digunakan dalam organisasi-    organisasi bisnis. Manajer dapat ditemukan pada semua tingkat dan semua area bisnis perusahaan
Area-area bisnis dasar perusahaan adalah :

1. Keuangan
2. Sumber Daya Manusia (SDM)
3. Layanan Informasi, Dan
4. Pemasaran
b. Dukungan sistem informasi bagi organisasi


            Sistem informasi dikembangkan untuk mendukung keseluruhan organisasi, eksekutif dan area bisnis. (Figur 4.1)
      Sistem Informasi Manajemen dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum para manajer perusahaan. Inovasi-inovasi di bidang teknologi informasi telah memungkinkan banyak aktivitas perusahaan dilaksanakan tanpa dibatasi oleh lokasi fisik. Struktur organisasi ini disebut sebagai organisasi maya (virtual organization) Informasi dan Data Lingkungan
Organisasi layanan informasi
Layanan Informasi / Divisi SIM / Departemen SIM / Teknologi Informasi (Information Technology-IT) :
Adalah unit perusahaan yang bertanggungjawab atas mayoritas sumber daya informasi

c. Sumber daya informasi

Sumber daya Informasi terdiri atas :
1. Peranti keras komputer
2. Peranti lunak komputer
3. Spesialis informasi
4. Pengguna
5. Fasilitas
6. Basis data, dan
7. Informasi
 
spealis informasi  untuk menggambarkan karyawan yang tanggung jawab utamanya adalah memberikan kontribusi atas tersedianya  sumber daya informasi dalam perusahaan. Spealis informasi  awalnya meliputi :
Analis Sistem :
Spesialis yang bekerja dengan pengguna dalam mengembangkan  sistem batu dan memperbaiki sistem yang sudah ada
Administrator Basis Data :
Spesialis informasi yang bertanggungjawab atas basis data (perencanaan, implementasi, operasi dan keamanan)

Webmaster :
Orang yang bertanggungjawab atas isi dan penyajian situs web  perusahaan (bekerjasama dengan spesialis jaringan).

Spesialis Jaringan :
Orang yang bertanggungjawab dalam membuat jaringan  komunikasi data yang menyatukan sumberdaya komputasi yang menyebar (bekerjasama dengan analis sistem dan pengguna).

Programer :
Orang yang bertanggungjawab dalam membuat kode program komputer yang mengubah data menjadi informasi berdasarkan  dokumentasi yang dibuat oleh Sistem Analis.

Operator :
Orang yang bertanggungjawab dalam menjalankan peralatan komputasi berskala besar, spt komputer mainframe dan server, yang biasanya berlokasi dalam fasilitas komputasi perusahaan.

Trend Struktur Tersentralisasi
ke Desentralisaske


3.1 Struktur Organisasi Inovatif

Model Sekutu (partner model)
  Layanan informsi bekerja dengan area-area bisnis dalam menggunakan teknologi informasi guna menghasilkan inovasi bisnis

Model Platform (platform model)
Layanan informasi tidak akan secara aktif mengawali inovasi bisnis,  namun akan menyediakan sumber daya informasi sehingga inovasi tersebut dapat dicapai oleh area-area bisnis.

 Model Terskala (scalable model)
      Sumber daya harus diperoleh begitu peluang pasar   muncul dan harusdapat dengan cepat dilepaskan ketika peluang-peluang tersebut tidak lagi terjadi, sehingga tetap mempertahankan biaya tetap pada tingkat yang minimum


3.2.  Komputasi Pengguna Akhir
Sistem informasi yang pertama dikembangkan dengan para spesialis informasi melakukan seluruh pekerjaan bagi para pengguna.
Spesialis informasi bertindak sebagai perantara, yang memisahkan pengguna dari computer.Komputasi pengguna akhir merupakan  kata yang sinonim dengan pengguna”pengguna menggutamakan produk akhir dari suatu sistem berbasis komputer.komputasi pengguna akhir timbul disebabkan oleh empat pengaruh utama:
Dampak pendidikamn komputer
Selama awal tahun 1980-an dampak program-progam pendidikan komputer yang baik disekolah-sekolah negeri dan swasta,perguruan tinggi dan perusahaan-perusahaan industri mulai terlihatAntrian  layanan informasi
Para spealis informasi selalu memiliki lebih banyak  pekerjaan dari pada yang dapat mereka tangani.Murahnya peranti keras
Selama periode yang sama, pasar dibanjirin oleh komputer mikro berharga murah.
Peranti lunak siap pakai
Baik perusahaan peranti keras maupun peranti lunak membuat peranti lunak yang akan mengerjakan tugas-tugas akuntansi dasar sekaligus  memberi informasi bagi pengambilan keputusan.


3.3  Pengguna Sebagai Suatu Sumber Daya Informasi
Pengguna dari sistem informasi perusahaan adalah sumber daya informasi yang dapat memberikan satu kontribusi nyata dalam mencapai sasaran strategi dan meraih keunggulan kompetitif.
Manajemen puncak harus memberikan perhatian yang cukup besar tentang bagaimana cara komputasi pengguna akhir akan dilaksanakan, sehingga pada akhirnya akan memaksimalkan manfaatnya dan meminimalkan risikonya.

Keuntungan komputasi pengguna akhir:
a. Menyamakan kemampuan dan tantangan
b. Mempersempit jarak komukasi

Resiko Komputasi Pengguna Akhir:
a. Sasaran sistem yang buruk
b. Sistem yang dirancang dan didokumentasikan dengan buruk
c. Penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
d. Hilanggnya integritas data
e. Hilangnya keamanan
f. Hilangnya kendali

3.4  Kriteria Pendidikan, Pengetahuan, Dan Keahlian Yang Dibutuhkan Untuk Karier Di Bibidang 

- Layanan Informasi
Pengembangan sistem informasi membutuhkan pengetahuan dan keahlian tertentu. Spesialis informasi menerapkan pengetahuan dan keahlian secara kontiniu. Pengguna menerapkannya ketika mereka pernah ikut terlibat dalam komputasi pengguna akhir.
Pengetahuan Pengembangan Sistem Pengetahuan adalah sesuatu yang dapat dipelajari, baik itu melalui pendidikan formal maupun melalui pembelajaran sendiri (membaca dan mengamati).Pengetahuan komputer (computer literacy)
Pengetahuan  komputer adalah kemampuan untuk menggunakan sumber daya komputer guna mendapatkan pemrosesan yang dibutuhkan.

Pengetahuan informasi (information literacy)
Pengetahuan informasi menjelaskan bahwa cara menggambarkan suatu fenomena dalam bentuk sruktur-struktur sistem normatif
Dasar-dasar bisnis (business fundamentals)
Teori Sistem (system theory)
Proses pengembangan sistem
Pembuatan model sistem

Keahlian Pengembangan Sistem
Keahlian pengembangan sistem meliputi :
Keahlian komunikasi (communication skills)
Kemampuan analitis (analytical ability)
Kreativitas (creativity)
Kepemimpinan (leadership)

3.5 Otomatisasi Kantor
omatisasi kantor adalah penerapan otomatisasi, seperti teknologi komputer, pada pekerjaan kantor.
IBM yang memperkenalkan istilah pengolahan kata (word processing) untuk menyatakan suatu konsep yang menyatakan bahwa kebanyakan aktivitas kantor dipusatkan pada pengongolah kata-kata OR

Pergeseran dari Pemecahan Masalah Administrasi ke Manajerial
Aplikasi OA dibuat untuk mendukung pegawai bagian sekretariat dan administratif.
Contoh : Pengolah kata,e-mail, faks dan penanggalan elektronik
Pengalihan pengiriman surat menjadi bentuk e-mail dan pertemuan rapat untuk wilayah geografis yang luas diatasi dengan video konferensi

kantor maya
Konsep kantor maya (virtual office) ingin mewujudkan pekerjaan kantor dapat dilakukan di lokasi mana saja selama tempat tersebut terhubung satu dengan lainnya.
Contoh :
Telecommuting
Hoteling
Telecommuting :
 
Merupakan satu cara yang tepat untuk menggambarkan bagaimana karyawan dapat secara elektronik “pergi” ke tempat kerja.
Keuntungan :
fleksibilitas yang diberikan dalam menjadwalkan tugas-tugas pekerjaan sehingga tugas pribadi   akan dapat diakomodasi.

Kerugiannya :
karena sifatnya terisolasi maka karyawan yang melakukan telecommuting dapat merasa menjadi anggota organisasi yang kurang dianggap penting. kekhawatiran akan kehilangan pekerjaan atau terganggu karirnya.meningkatnya ketegangan keluarga karena batasan antara tanggungjawabrumah dan kantor dapat dengan mudah menjadi kabur.

Hoteling :
bahwa perusahaan menyediakan suatu fasilitas terpusat yang dapat membagi bersama oleh karyawan jika terdapat kebutuhan akan ruangan dan dukungan kantor. Konsep yang diberikanpun sama dengan hotel harus melakukan reservasi terlebih dahulu saat akan menggunakan fasilitas dengan sumber daya dukungan tertentu.

Keuntuannya :
pemanfaatan sumber daya dan ruangan yang lebih efektif dan fokus yang lebih baik pada apa yang dibutuhkan untuk mendukung personel kantor.

Kekurangannya :
anggapan akan hilangnya “bonus” oleh para karyawan yang tidak lagi memiliki ruangan kantor pribadi, hilangnya perasaan berada dalam suatu komunitas, dan potensi berdampak negatif dengan budaya korporat.

Keuntungan Kantor Maya :
-Biaya fasilitas rendah
-Biaya peralatan rendah
-Berkurangnya penghentian pekerjaan
-Kontribusi sosial

Kerugian Kantor Maya :
-Moral yang rendah
-Kekhawatiran akan risiko keamanan Organisasi Maya Keberhasilan kantor maya memicu para visioner untuk melihat bagaimana kantor maya dapat diperluas hingga berlaku bagi keseluruhan perusahaan sebuah organisasi maya. Dampak Sosial Organisasi Maya


Dampak Sosial Kantor maya dan organisasi maya :
menurunkan permintaan gedung-gedung pencakar langit dan Transportasi, menjadikan kota kita lebih tenang, lebih lembut, dan menjadi tempat yang lebih menarik untuk dihuni




BAB III
PENUTUP


A. KESIMPULAN

Spesialis informasiatas analisis sistem, admistrator basis data,webmaster,spesialis jaringan, programer,dan operator.Perusahaan hendaknya mengelola pengetahuan yang diawali oleh sember-sumber daya impormasinya, Pengetahuan ini terdapat dalam sistem, peranti lunak,database,dan pengetahuan khusus yang dimiliki oleh pengguna komputer dan spesialis imformasi.
Ketika sistem impormasi yang pertama dikembangkan oleh spesialis impormasi,pengguna tidak diharapkan (atau diizinkan) untuk melakukan hal-hal selain penyebutan kebutuhan imformasi mereka ketika tuntutan pengguna untuk mendapat dukungan komputer yang lebih besar mengalami lonjakan, para spesialis tidak mampu untuk mengikutinya.
Akibatnya, pengguna akhirnyamengembangkan sistem mereka sendiri. Suatu fenomena yang disebut komputasi pengguna akhir.Penggna-pengguna lainnya mampu melakukan sendiri kebbanyakan pekerjaan pengembangan nya dan mengandalkan spesilis hanya untuk jasa konsultasi.Sebuah perusahan para penggunanya mampu berpartisipasi dalam komputasi pengguna akhir akan menikmati keunggulan atas perusahaan yang penggunaya tidak mampu.
x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Real human

Hidup tanpa pernah merasa puas, selalu merasa kurang dan teramat menyedihkan menjatuhkan orang lain tanpa berfikir demi kepuasan, yang seben...