Makalah kepemimpinan visioner
Disusun oleh:
Darman cibro
Npm: 15.032.115.014
Tugas matakuliah kepemimpinan
Universitas darma
agung medan
2017
.
PENDAHULUAN
Kepemimpinan adalah suatu konsep yang sangat
dekat dengan kesuksesan dalam mencapai tujuan suatu organisasi.
Kepemimpin akan sangat mewarnai, mempengaruhi bahkan menentukan bagaimana
perjalanan suatu organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya. Membahas topik kepemimpinan seperti mengarungi
samudera luas yang mendapat pasokan air dari ratusan sungai yang tak
pernah kering. Selalu saja saja ada perkembangan dalam organisasi pada setiap
jaman yang menuntut karakteristik kepemimpinan tertentu. Perkembangan
teori kepemimpinan telah banyak dimunculkan oleh para pakar, antara lain:
kepemimpinan karismatik, kepemimpinan militeristik, kepemimpinan situasional,
kepemimpinan transformasional, hingga kepemimpinan visioner.Pengertian konsep
kepemimpinan sendiri mendapat banyak perhatian dari paraahli. Dubin (1968:385)
dalam Megan Crawford (2005:41) melihat kepemimpinan sebagai latihan otoritas
dan pembuatan keputusan, sementara Fiedler (1967:8)memandang pemimpin sebagai
individu di dalam kelompok yang diberi tugas untuk mengatur dan
mengkoordinasi aktivitas-aktivitas kelompok yang berhubungan dengan
tugas‟.
A.B. Susanto (2007 : 5) mengatakan bahwa tugas seroang pemimpin adalah membuat program visioning yang mampu mengutarakan visi dan
misinya, pemimpin yang efektif dalam pandangan peter F. Drucker (1996) dalam
Bernardine R Wijayadan Susilo Supardo (2006:5) adalah mereka tidak bertanya apa
yang saya kehendaki, melainkan apa yang perlu dilakukan, mereka bertanya apa
yang dapat dan harus saya lakukan untuk membuat perbedaan, mereka selalu
bertanya apa misi dan tujuan organisasi, mereka mempunyai toleransi yang kuat
terhadap kebinekaan orang, tidak takut kepada kekuatan yang dimiliki rekan-rekannya,
mereka memiliki keyakinan diribahwa diri mereka adalah tipe orang
yang dihormati dan dipercaya. Dengan demikianmereka memperkuat diri untuk tidak
melakukan hal-hal yang popular tetapi tidak benar.
B.
Pengertian
Kepemimpinan Visioner
1.
Seth Kahan (2002) menjelaskan
bahwa kepemimpinan visioner melibatkan kesanggupan,
kemampuan, kepiawaian yang luar biasa untuk menawarkan kesuksesan dan
kejayaan di masa depan. Seorang pemimpin yang visioner mampu
mengantisipasi segala kejadian yang mungkin timbul, mengelola masa depan dan
mendorong oranglain utuk berbuat dengan cara-cara yang tepat. Hal itu berarti, pemimpin
yang visioner mampu melihat tantangan dan peluang sebelum keduanya terjadi
sambil kemudian memposisikan organisasi mencapai tujuan-tujuan terbaiknya.
2.
Corinne
McLaughlin (2001) mendefinisikan pemimpin yang vision (Visionary leaders)
adalah mereka yang mampu membangun „fajar baru‟
(a new dawn) bekerja dengan intuisi dan imajinasi, penghayatan,
dan boldness. Mereka menghadirkan tantangan sebagai upaya memberikan yang
terbaik untuk organisasi dan menjadikannya
sebagai sesuatu yang menggugah untuk mencapai tujuanorganisasi. Pentingnya
seorang pemimpin memiliki kemampuan menggambarkan dengan jelas tujuan-tujuan
yang akan diraihnya di masa depan adalah syarat utama bagiseorang
pemimpin yang visioner.
3.
Aribowo
Prijosaksono dan Roy Sembel (2007) dalam makalahnya menyebutkan bahwa
kepemimpinan yang efektif dimulai denganvisi yang jelas.Visi yang akan menjadi
daya atau kekuatan untuk melakukan perubahan, mendorong terjadinya proses
ledakan kreatifitas yang dahsyat melalui integrasi maupun sinergi berbagai
keahlian dari orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut. Lebih jauh
Prijosaksono dan Sembel mengatakan bahwa ada dua aspek mengenai visi,
yaitu visionary role dan implementation role. Artinya seorang pemimpin, selain
membangun suatu visi bagi organisasinya juga memilikikemampuan untuk
menjabarkan visi tersebut ke dalam suatu rangkaian tindakan atau kegiatan yang
merupakan upaya untuk mencapai visi itu. Oleh karena itu seorangpemimpin yang
visioner adalah seorang yang sangat responsive. Artinya dia selalutanggap
terhadap setiap persoalan, kebutuhan, harapan dan impian dari mereka
yangdipimpinnya. Selain itu selalu aktif dan proaktif dalam mencari solusi dari
setiappermasalahan ataupun tantangan yang dihadapi organisasinya.
C.
KARAKTERISTIK
PEMIMPIN VISIONER
Kepemimpinan visioner memiliki ciri-ciri yang menggambarkan segala
sikap danperilakunya yang menunjukkan
kepemimpinannya yang berorientasi kepadapencapaian visi, jauh memandang
ke depan dan terbiasa menghadapi segala tantangandan ressiko.
Diantara cirri-ciri utama kepemimpinan visioner adalah:
1.
Berwawasan
ke masa depan, bertindak sebagai motivator, berorientasi pada thebest
performance untuk pemberdayaan, kesanggupan untuk memberikan arahankonkrit yang
sistematis
2. Berani bertindak dalam meraih tujuan, penuh percaya diri, tidak
peragu dan selalusiap menghadapi resiko. Pada saat yang bersamaan, pemimpin
visioner jugamenunjukkan perhitungan yang cermat, teliti dan akurat. Memandang
sumberdaya, terutama sumberdaya manusia sebagai asset yang sangat berharga
danmemberikan perhatian dan perlindungan yang baik terhadap mereka
3. 3.Mampu menggalang orang lain untuk kerja keras dan kerjasama
dalam menggapai tujuan, menjadi model (teladan) yang secara konsisten
menunjukkan nilai-nilaikepemimpinannya, memberikan umpan balik positif,
selalu menghargai kerja kerasdan prestasi yang ditunjukkan oleh siapun yang
telah memberi kontribusi
4. Mampu merumuskan visi yang jelas, inspirasional dan menggugah,
mengelola
„mimpi‟ menjadi kenyataan, mengajak
orang lain untuk berubah, bergerak ke „new place‟,
5. Mampu memberi inspirasi, memotivasi orang
lain untuk bekerja lebihk reatif dan bekerja lebih keras untuk mendapatkan
situsi dan kondisi yang lebihbaik.
6.
Mampu
mengubah visi ke dalam aksi, menjelaskan dengan baik maksud visikepada orang
lain, dan secara pribadi sangat commited terhadap visi tersebut
7.
Berpegang
erat kepada nilai-niliai spiritual yang diykininya. Memiliki integritaskepribadian
yang kuat, memancarkan energy, vitalitas dan kemauan yang membara untuk
selalu berdiri pada posisi yang segaris dengan nilai-nilai spiritual.
Menjadiorang yang terdepan dan pertama dalam menerapkan nilai-nilai luhur,
sebagimana
yang diungkapkan oleh Mahatma
Gandhi: “I must first be the change I want to seein my world.”
8.
Membangun
hubungan (relationship) secara efektif, memberi penghargaan danrespek. Sangat
peduli kepada orang lain (bawahan), memandang orang lain sebagaiasset
berharga yang harus di perhatikan, memperlakukan mereka dengan baik dan „hangat‟ layaknya keluarga. Sangat
responsive terhadap segala kebutuhan orang lain
dan membantu mereka berkembang, mandiri dan membimbing menemukan jalan
masa depan mereka Innovative dan proaktif dalam
menemukan „dunia baru‟.
Membantu mengubah dari cara berfikir yang konvensional
(old mental maps) ke paradigma baru yangdinamis. Melaklukan terobosan-terobosan
berfikir yang kreatif dan produktif.(„out-box thinking‟). Lebih bersikap
atisipatif dalam mengayunkan langkahperubahan, ketimbang sekedar reaktif
terhadap kejadian-kejadian. Berupaya sedapat mungkin menggunakan pendekatan
„win-win‟
ketimbang „win-lose‟.
D.
KEPEMIMPINAN
VISIONER DALAM SEKOLAH
Kepala sekolah merupakan posisi
yang sangat penting dalam suatu sekolah.Sekolah adalah lembaga yang bersifat
kompleks dan unik. Bersifat kompleks karenasekolah sebagai organisasi di
dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lainsaling berkaitan dan
saling menentukan. Sedang bersifat unik karena sekolahmemiliki karakter
tersendiri, dimana terjadi proses belajar mengajar, tempat terselenggaranya
pembudayaan kehidupan manusia. Karena sifatnya yang kompleksdan unik tersebut,
sekolah sebagai organisasi memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi. “Keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah.” Secara sederhana kepala sekolah dapat didefinisikan sebagai
seseorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah
dimana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat di mana terjadinya
interaksiantara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran.
Kepalasekolah dilukiskan sebagai orang yang memiliki harapan tinggi bagi para
staf dan para siswa. “Kepala sekolah adalah
mereka yang banyak mengetahui
tugas-tugas mereka dan mereka yang menentukan
irama bagi sekolah mereka”
Rumusan
tersebut menunjukkan pentingnya peranan kepala sekolah dalam menggerakkan
kehidupan sekolah guna mecapai tujuan. Studi keberhasilan kepala sekolah menunjukkan bahwa kepala sekolah adalah
seseorang yang menentukan titik pusat dan irama suatu sekolah.
Kepala sekolah yang berhasil adalah kepala sekolahyang memahami keberadaan
sekolah sebagai organisasi kompleks yang unik, sertamampu melaksanakan perannya
dalam memimpin sekolah.
E.
Kualitas
Kepala Sekolah yang visioner
Setiap jabatan menggambarkan
status yang diemban pemegangnya. Status itu, pada gilirannya, menunjukkan peran
yang harus dilakukan pejabatnya. Peran utamayang harus diemban oleh kepala
sekolah yang membedakannya dari jabatan-jabatan kepala lainnya adalah peran
sebagai pemimpin pendidikan. Kepemimpinan pendidikan mengacu pada kualitas
tertentu yang harus dimiliki kepala sekolah untuk dapat mengemban tanggung
jawabnya secara berhasil. Kepala sekolah harus tahu persis apa yang ingin
dicapainya (visi) danbagaimana mencapainya (misi). Kepala sekolah yang visioner
sangat memahami betapa pentingnya mengajak semua pihak terkait dalam sekolahnya
untuk bersama-sama mewujudkan visi yang telah dirumuskan bersama. Implikasi
sifat visioner,kepala sekolah harus memiliki sejumlah kompetensi untuk
melaksanakan misi guna mewujudkan visi itu, dan selanjutnya kepala sekolah juga
harus memiliki sejumlahk arakter tertentu yang menunjukkan integritasnya’.
F.
KESIMPULAN
Kepemimpinan
sangat berpengaruh dalam proses penyelenggaraan pendidikan disekolah, agar
pengaruh yang timbul dapat meningkatkan kinerja personil secaraoptimal. Maka
pemimpin harus memiliki wawasan dan kemampuan dalam melaksanakan gaya
kepemimpinan. Kepemimpinan visoner adalah kepmimpinan yang mampu menggerakkan seluruh
sumberdaya menjalankan misi agar dapat mendekati visi yang ditetapkan. Kepemimpinan
visioner memahami wawasan jauh kedepan dan memiliki kemampuan membawa
organisasinya berkembang dan mampu menghadapi segala tantangan zaman. Lembaga sekolah memerlukan pemimpin
(kepala sekolah) yang visioner, yaitu kepala sekolah yang berorientasi pada
upaya pencapaian visi yang telah ditetapkan dengan mengajak seluruh pihak untuk
secara efektif menggapainya melalui berbagai program
dan kegiatan yang produktif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar