Minggu, 09 Juli 2017

Makalah kepemimpinan visioner
Disusun oleh:
Darman cibro
Npm: 15.032.115.014
Tugas matakuliah kepemimpinan

Universitas darma
agung medan
2017



.    PENDAHULUAN
            Kepemimpinan adalah suatu konsep yang sangat dekat dengan kesuksesan dalam mencapai tujuan suatu organisasi. Kepemimpin akan sangat mewarnai, mempengaruhi bahkan menentukan bagaimana perjalanan suatu organisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya. Membahas topik kepemimpinan seperti mengarungi samudera luas yang mendapat pasokan air dari ratusan sungai yang tak pernah kering. Selalu saja saja ada perkembangan dalam organisasi pada setiap jaman yang menuntut karakteristik kepemimpinan tertentu. Perkembangan teori kepemimpinan telah banyak dimunculkan oleh para pakar, antara lain: kepemimpinan karismatik, kepemimpinan militeristik, kepemimpinan situasional, kepemimpinan transformasional, hingga kepemimpinan visioner.Pengertian konsep kepemimpinan sendiri mendapat banyak perhatian dari paraahli. Dubin (1968:385) dalam Megan Crawford (2005:41) melihat kepemimpinan sebagai latihan otoritas dan pembuatan keputusan, sementara Fiedler (1967:8)memandang pemimpin sebagai individu di dalam kelompok yang diberi tugas untuk mengatur dan mengkoordinasi aktivitas-aktivitas kelompok yang berhubungan dengan
tugas. A.B. Susanto (2007 : 5) mengatakan bahwa tugas seroang pemimpin adalah membuat program visioning yang mampu mengutarakan visi dan misinya, pemimpin yang efektif dalam pandangan peter F. Drucker (1996) dalam Bernardine R Wijayadan Susilo Supardo (2006:5) adalah mereka tidak bertanya apa yang saya kehendaki, melainkan apa yang perlu dilakukan, mereka bertanya apa yang dapat dan harus saya lakukan untuk membuat perbedaan, mereka selalu bertanya apa misi dan tujuan organisasi, mereka mempunyai toleransi yang kuat terhadap kebinekaan orang, tidak takut kepada kekuatan yang dimiliki rekan-rekannya, mereka memiliki keyakinan diribahwa diri mereka adalah tipe orang yang dihormati dan dipercaya. Dengan demikianmereka memperkuat diri untuk tidak melakukan hal-hal yang popular tetapi tidak benar.

B.     Pengertian Kepemimpinan Visioner
1.      Seth Kahan (2002) menjelaskan bahwa kepemimpinan visioner melibatkan kesanggupan, kemampuan, kepiawaian yang luar biasa untuk menawarkan kesuksesan dan kejayaan di masa depan. Seorang pemimpin yang visioner mampu mengantisipasi segala kejadian yang mungkin timbul, mengelola masa depan dan mendorong oranglain utuk berbuat dengan cara-cara yang tepat. Hal itu berarti, pemimpin yang visioner mampu melihat tantangan dan peluang sebelum keduanya terjadi sambil kemudian memposisikan organisasi mencapai tujuan-tujuan terbaiknya.
2.      Corinne McLaughlin (2001) mendefinisikan pemimpin yang vision (Visionary leaders) adalah mereka yang mampu membangun „fajar baru  
(a new dawn) bekerja dengan intuisi dan imajinasi, penghayatan, dan boldness. Mereka menghadirkan tantangan sebagai upaya memberikan yang terbaik untuk organisasi dan menjadikannya sebagai sesuatu yang menggugah untuk mencapai tujuanorganisasi. Pentingnya seorang pemimpin memiliki kemampuan menggambarkan dengan  jelas  tujuan-tujuan  yang  akan diraihnya di masa depan adalah syarat utama bagiseorang pemimpin yang visioner.
3.      Aribowo Prijosaksono dan Roy Sembel (2007) dalam makalahnya menyebutkan bahwa kepemimpinan yang efektif dimulai denganvisi yang jelas.Visi yang akan menjadi daya atau kekuatan untuk melakukan perubahan, mendorong terjadinya proses ledakan kreatifitas yang dahsyat melalui integrasi maupun sinergi berbagai keahlian dari orang-orang yang ada dalam organisasi tersebut. Lebih jauh Prijosaksono dan Sembel mengatakan bahwa ada dua aspek mengenai visi, yaitu visionary role dan implementation role. Artinya seorang pemimpin, selain membangun suatu visi bagi organisasinya juga memilikikemampuan untuk menjabarkan visi tersebut ke dalam suatu rangkaian tindakan atau kegiatan yang merupakan upaya untuk mencapai visi itu. Oleh karena itu seorangpemimpin yang visioner adalah seorang yang sangat responsive. Artinya dia selalutanggap terhadap setiap persoalan, kebutuhan, harapan dan impian dari mereka yangdipimpinnya. Selain itu selalu aktif dan proaktif dalam mencari solusi dari setiappermasalahan ataupun tantangan yang dihadapi organisasinya.

C.    KARAKTERISTIK PEMIMPIN VISIONER
            Kepemimpinan visioner memiliki ciri-ciri yang menggambarkan segala sikap danperilakunya yang menunjukkan kepemimpinannya yang berorientasi kepadapencapaian visi, jauh memandang ke depan dan terbiasa menghadapi segala tantangandan ressiko. Diantara cirri-ciri utama kepemimpinan visioner adalah:
1.      Berwawasan ke masa depan, bertindak sebagai motivator, berorientasi pada thebest performance untuk pemberdayaan, kesanggupan untuk memberikan arahankonkrit yang sistematis
2.    Berani bertindak dalam meraih tujuan, penuh percaya diri, tidak peragu dan selalusiap menghadapi resiko. Pada saat yang bersamaan, pemimpin visioner jugamenunjukkan perhitungan yang cermat, teliti dan akurat. Memandang sumberdaya, terutama sumberdaya manusia sebagai asset yang sangat berharga danmemberikan perhatian dan perlindungan yang baik terhadap mereka
3.    3.Mampu menggalang orang lain untuk kerja keras dan kerjasama dalam menggapai tujuan, menjadi model (teladan) yang secara konsisten menunjukkan nilai-nilaikepemimpinannya, memberikan umpan balik positif, selalu menghargai kerja kerasdan prestasi yang ditunjukkan oleh siapun yang telah memberi kontribusi
4.    Mampu merumuskan visi yang jelas, inspirasional dan menggugah, mengelola
„mimpi menjadi kenyataan, mengajak orang lain untuk berubah, bergerak ke „new place,
5.   Mampu memberi inspirasi, memotivasi orang lain untuk bekerja lebihk reatif dan bekerja lebih keras untuk mendapatkan situsi dan kondisi yang lebihbaik.


6.      Mampu mengubah visi ke dalam aksi, menjelaskan dengan baik maksud visikepada orang lain, dan secara pribadi sangat commited terhadap visi tersebut
7.      Berpegang erat kepada nilai-niliai spiritual yang diykininya. Memiliki integritaskepribadian yang kuat, memancarkan energy, vitalitas dan kemauan yang membara untuk selalu berdiri pada posisi yang segaris dengan nilai-nilai spiritual. Menjadiorang yang terdepan dan pertama dalam menerapkan nilai-nilai luhur, sebagimana
yang diungkapkan oleh Mahatma Gandhi: “I must first be the change I want to seein my world.”
8.      Membangun hubungan (relationship) secara efektif, memberi penghargaan danrespek. Sangat peduli kepada orang lain (bawahan), memandang orang lain sebagaiasset berharga yang harus di perhatikan, memperlakukan mereka dengan baik dan „hangat layaknya keluarga. Sangat responsive terhadap segala kebutuhan orang lain dan membantu mereka berkembang, mandiri dan membimbing menemukan jalan masa depan mereka  Innovative dan proaktif dalam menemukan „dunia baru. Membantu mengubah dari cara berfikir yang konvensional (old mental maps) ke paradigma baru yangdinamis. Melaklukan terobosan-terobosan berfikir yang kreatif dan produktif.(„out-box thinking). Lebih bersikap atisipatif dalam mengayunkan langkahperubahan, ketimbang sekedar reaktif terhadap kejadian-kejadian. Berupaya sedapat mungkin menggunakan pendekatan „win-win ketimbang „win-lose.
D.    KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM SEKOLAH
Kepala sekolah merupakan posisi yang sangat penting dalam suatu sekolah.Sekolah adalah lembaga yang bersifat kompleks dan unik. Bersifat kompleks karenasekolah sebagai organisasi di dalamnya terdapat berbagai dimensi yang satu sama lainsaling berkaitan dan saling menentukan. Sedang bersifat unik karena sekolahmemiliki karakter tersendiri, dimana terjadi proses belajar mengajar, tempat terselenggaranya pembudayaan kehidupan manusia. Karena sifatnya yang kompleksdan unik tersebut, sekolah sebagai organisasi memerlukan tingkat koordinasi yang tinggi. “Keberhasilan sekolah adalah keberhasilan kepala sekolah.” Secara sederhana kepala sekolah dapat didefinisikan sebagai seseorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat di mana terjadinya interaksiantara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Kepalasekolah dilukiskan sebagai orang yang memiliki harapan tinggi bagi para staf dan para siswa. “Kepala sekolah adalah mereka yang banyak mengetahui tugas-tugas mereka dan mereka yang menentukan irama bagi sekolah mereka”
            Rumusan tersebut menunjukkan pentingnya peranan kepala sekolah dalam menggerakkan kehidupan sekolah guna mecapai tujuan. Studi keberhasilan kepala sekolah menunjukkan bahwa kepala sekolah adalah seseorang yang menentukan titik pusat dan irama suatu sekolah. Kepala sekolah yang berhasil adalah kepala sekolahyang memahami keberadaan sekolah sebagai organisasi kompleks yang unik, sertamampu melaksanakan perannya dalam memimpin sekolah.
E.     Kualitas Kepala Sekolah yang visioner
Setiap jabatan menggambarkan status yang diemban pemegangnya. Status itu, pada gilirannya, menunjukkan peran yang harus dilakukan pejabatnya. Peran utamayang harus diemban oleh kepala sekolah yang membedakannya dari jabatan-jabatan kepala lainnya adalah peran sebagai pemimpin pendidikan. Kepemimpinan pendidikan mengacu pada kualitas tertentu yang harus dimiliki kepala sekolah untuk dapat mengemban tanggung jawabnya secara berhasil. Kepala sekolah harus tahu persis apa yang ingin dicapainya (visi) danbagaimana mencapainya (misi). Kepala sekolah yang visioner sangat memahami betapa pentingnya mengajak semua pihak terkait dalam sekolahnya untuk bersama-sama mewujudkan visi yang telah dirumuskan bersama. Implikasi sifat visioner,kepala sekolah harus memiliki sejumlah kompetensi untuk melaksanakan misi guna mewujudkan visi itu, dan selanjutnya kepala sekolah juga harus memiliki sejumlahk arakter tertentu yang menunjukkan integritasnya’.

F.     KESIMPULAN
            Kepemimpinan sangat berpengaruh dalam proses penyelenggaraan pendidikan disekolah, agar pengaruh yang timbul dapat meningkatkan kinerja personil secaraoptimal. Maka pemimpin harus memiliki wawasan dan kemampuan dalam melaksanakan gaya kepemimpinan. Kepemimpinan visoner adalah kepmimpinan yang mampu menggerakkan seluruh sumberdaya menjalankan misi agar dapat mendekati visi yang ditetapkan. Kepemimpinan visioner memahami wawasan jauh kedepan dan memiliki kemampuan membawa organisasinya berkembang dan mampu menghadapi segala tantangan zaman. Lembaga sekolah memerlukan pemimpin (kepala sekolah) yang visioner, yaitu kepala sekolah yang berorientasi pada upaya pencapaian visi yang telah ditetapkan dengan mengajak seluruh pihak untuk secara efektif menggapainya melalui berbagai program dan kegiatan yang produktif.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Real human

Hidup tanpa pernah merasa puas, selalu merasa kurang dan teramat menyedihkan menjatuhkan orang lain tanpa berfikir demi kepuasan, yang seben...